Apa tantangan terbesar yang dihadapi sebagai pemimpin?

PemimpinPemimpin adalah seorang yang menciptakan sejarah dan menjadi manusia menyejarah. Ia dikenal sebagai seorang yang mampu membuat situasi berjalan sesuai dengan alur pemikirannya dan jikapun tidak, ia akan berusaha menetapkan beberapa alternative tindakan yang mengarahkannya pada tujuan awalnya. Tentunya ia adalah seorang yang cenderung familiar dikalangannya, ia dikenal sebagai seorang yang disukai dan gerak-geriknya sering membuat orang lain mengikutinya.

Tidak semua orang memilki kemampuan memimpin dengan baik. Kadang pemahaman yang kita pegang, tidak sesuai dengan pemahaman orang lain yang kita pimpin. Makanya salah satu tantangan terbesar bagi pemimpin adalah bagaimana caranya ia mampu melakukan Shared Mining dan Shared Value pada orang lain. Sebagai pemimpin, kita harus mampu menciptakan nilai-nilai yang dipahami bersama. Dari nilia-nilai itulah, kita mampu menurunkan beberapa tujuan dan segenap strategi pencapaiannya. Dari strategi itu, kita akan menghitung-hitung tools apa saja yang dibutuhkan. Bagaimana formulasi sumber daya manusia yang digunakan, siapa yang sebaiknya bertanggung jawab dan apa parameter keberhasilan sebuah strategi, semuanya harus dipahami dari awal. Pemimpin tidak hanya autis terhadap kepentingan pribadi dan gila akan pencapaian tujuan sehingga terlihat bagus dari luar namun kering akan nilai kebersamaan, nilai kekeluargaan dan nilai flesksibilitas.

Mungkin ungkapan ini masih debatable, namun yang saya pahami adalah seorang pemimpin adalah orang yang mampu mengenali setiap inidividu maupun sumberdaya dibawahnya. Ia tidak selalu terfokus pada hasil tanpa menghiraukan kapabilitas dari individu didalamnya. Meskipun ia telah yakin bahwa orang yang dipilihnya sebagai partner adalah orang yang terbaik namun anggapan itu hanya pada batas pengalaman yang kita lihat selama kita beraktivitas dengannya. Namun lebih dari itu, kita jarang mampu membangun suatu komunikasi dua arah yang saling menasehati, kita terlalu bangga dengan strata hirarki sehingga nasehat ataupun rekomendasi dari mereka menjadi suatu hal yang tidak terlalu dipedulikan. Makanya dari awal saya mengangkat tantangan itu yaitu, bagaimana menebarkan nilai yang sama dalam tim. Itulah yang paling penting.

Menyebarkan nilai dan menyamakan persepsi tentang tim mengandung pengertian yang cenderung mengakar dan menjadi landasan bergerak manusia-manusia didalam tim. Didalamnya terdapat komitmen, kesungguhan, saling mengenal, dan memahami sehingga yang tercipta bukanlah tim yang kaku, sarat akan peraturan namun tim yang mampu bekerja selaras dan fleksibel dalam pengertian keberhasilan tujuan tercapai dan budaya-budaya kerjasama tercipta dengan sendirinya dan ia membentuk ciri khasnya sendiri.

Management by process merupakan level tertinggi dari kepemimpinan. Dimana sekarang penilaian keberhasilan bukan melulu berdasarkan parameter hasil namun berdasarkan proses. Jika proses dijalankan dengan benar, berdasarkan hukum Law of Attraction, hasil akan mengikuti keberhasilan proses tadi. Management by doing bukan menjadi pilihan sekarang, sudah lama ditinggalkan. Maksudnya adalah individu-individu dalam tim tidak lagi diatur dan disuruh-suruh melakukan ini dan itu namun sebenarnya mereka sudah mengetahui apa yang harus dilakukan. Makanya yang dipentingkan terlebih dahulu adalah nilai tadi, nilai yang harus dipahami oleh setiap individu didalamnya. Sebelum mereka lebih lanjut melakukan kegiatan dan jangan kita kelihatan terlalu memberi intruksi dan kelihatan tidak percaya terhadap orang lain, kita sebagai pemimpin terlebih dahulu menyamakan paradigma kita terhadap apa yang harus dicapai oleh tim, bagaimana mencapaiannya dan lain-lain yang terkandung dalam nilai tadi.

Sebenarnya nilai disini apa?

Nilai ini adalah komitmen, kapabilitas, kemampuan, tujuan, misi, budaya, semua itu adalah nilai yang komprehensif yang harus dipahami oleh setiap individunya. Jika semuanya sudah sepakat dan kita sudah saling kenal mengenal lebih mendalam, maka tim tadi akan berjalan sesuai dengan proses yang baik dan tujuan akan tercapai dan yang paling penting adalah fleksibilitas.

Bagaimana menanggapi tantangan itu?

Dari awal mari kita membuat suatu nuansa yang saling memahami sautu sama lain, menetapkan suatu tujuan yang realistis namun progressif dalam pencapaian yang lebih tinggi, hal inilah yang selalu menjadi pegangan bagi kita. Kadang kita melihat suatu itu terlalu sulit kita lakukan, namun yang namanya tim, jika suatu dilakukan secara bersama-sama, semua pemikiran dan tenaga bersatu, maka tidak ada suatu yang mustahil, akan terasa mudah, apalagi nilai tadi benar-benar digunakan dengan konsisten.

Memahami kompleksitas individu adalah suatu hal yang paling penting. Karena individu adalah khas dan berbeda dari makhluk lain. Makanya perlu perlakuan khusus yang kita lakukan. Pendekatan-pendekatan yang unik turut juga kita lakukan asalkan seorang pemimpin jangan terlalu kelihatan membabi buta dalam proses pengenalan itu. Pemimpin harus mampu menjaga jarak yang ideal agar garis hirarki itu tidak hilang tapi masih ada dalam porsi ideal tadi.

Kalau misalnya itu sudah dilakukan maka kita sama-sama yakin bahwa tujuan organisasi akan tercapai dan proses keberjalannya sesuai dengan rencana kita diawal. Pemimpin bukan dilahirkan dengan begitu saja, namun pemimpin lahir dengan tempaan, dengan segenap pengalaman, segenap kemampuan yang diasah, layaknya sebuah mata pedang, yang indah jika dilihat dari sisi artistiknya dan sangat menakutkana jika ia sampai melukai, seperti itulah pemimpin, sifatnya indah dan disukai setiap orang, namun ketika ia disakiti, ia menempatkan dirinya dalam porsi yang harus dihargai oleh orang lain. Pemimpin yang ideal akan tercipta jika ia mampu menciptakan kondisi ideal dalam timnya, yaitu dengan menyebarkan nilai tadi di awal.

Source Picture : Disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s