Management Execution: Antara Teori dan Aplikasi

7171a AchieveIt PrintPeradaban adalah buah karya dari semangat untuk mencari jati diri dan prikehidupan yang lebih mapan baik secara hukum dan mentalitas sehingga menciptakan masyarakat yang memiliki ciri keunggulan yang khas. Mesir adalah contoh peradaban yang meninggalkan berbagai macam khasanah kebudayaan yang bernilai tinggi. Mereka mampu menciptakan pola kehidupan baik komunikasi, struktur negara, tata kota dan lain-lain sehingga menjadi pionir bagi peradaban setelahnya. Banyak contoh lainnya yang hasil karya mereka seolah-olah menjadi megakarya sepanjang masa.

Megakarya itu tentunya diawali oleh tahap pemikiran yang akhirnya dituangkan dalam ranah perencanaan. Perencanaan inilah yang akan mengilhami seluruh strategi dan kebijakan peradaban. Ketika mereka beranjak pada tataran perencanaan artinya disana telah dimulai proses eksekusi dan ruang lingkupnya bukan teori lagi. Tapi aplikasi yang terarah demi mewujudkan visi peradaban. Apakah visi peradaban, kita bisa melihatnya dari karya monumental yang mereka ciptakan yang tentunya mengharuskan kita untuk memahaminya lebih dalam karena visi itu akan bersifat explisit.

Apakah yang membedakan suatu peradaban dengan peradaban lainnya sehingga kita sering melihat ada peredaban yang terus berlanjut melewati kurun waktu yang panjang dan ada juga peradaban yang hancur luluh lantak sebelum mencapai puncak kebudayaannya. Disinilah berperannya kombinasi teori dan aplikasi yang padu sehingga menciptakan peradaban yang kokoh dan kuat.

Nilai-nilai peradaban ini akan mengilhami seluruh rakyatnya dalam bertindak dan berprilaku. Secara tidak langsung nilai itu meresap dalam pola pikir manusia dan bersemayam untuk sekian lama. Diantaranya nilai kerjasama, kedisiplinan, kasih sayang serta nilai baik buruk lainnya yang nantinya memperlihatkan kelebihan peradaban itu.

Apa yang terjadi dalam peradaban, kita memandang hal itu sebagi suatu kondisis yang makro. Tentunya banyak variabel-variabel yang mempengaruhinya. Termasuk salah satunya adalah individu-individu yang ada didalamnya. Mereka yang memberikan andil terhadap setiap perubahan yang terjadi dalam perdabannya secara luasnya.

Ketika kita memperkecil pembahasan kearah individu, kita akan menyadari bahwa individu bersifat Unique dan Unpredictable. Karena faktor itulah yang membuat manusia menjadi berbeda satu sama lainnya. Baik dari segi usahanya maupun semangat untuk melakukan perubahan-perubahan positif dalam diri mereka.

Penulis teringat dengan berbagi macam buku motivasi yang memberikan gambaran serta arahan bagaimana memadukan dan membangun manusia yang luar biasa dengan berbagai capaian yang menakjubkan. Sekali lagi teringat dengan perbedaan antara orang sukses dengan seorang pecundang. Orang sukses lebih banyak melakukan suatu yang konstruktif dari pada cuma merencanakan sutu kegiatan kita. Seorang yang sukses memiliki perbedaan yang mendasar baik dalam segi pola pikir, kegiatan maupun berbagai usaha yang dilakukan. Kebanyakan dari mereka bergerak pada sisi eksekusi dari pada hanya termangu dengan teori-teori yang sering berbenturan dengan dunia nyata. Inilah yag paling mendasar yang membedakan seorang yang sukses dengan seorang yang sering mengalami kegagalan.

Urgensi dari eksekusi terlingkupi dalam sutu istilah yang namanya manajemen eksekusi. Tujuan dari ini adalah untuk membentuk jiwa –jiwa manusia pemberani dalam mengambil tindakan di setiap situasi dan cenderung bersifat partisipatif dalam berbagai kemungkinan resiko yang muncul. Karena alasan nya sangat mudah bahwa capaian tidak akan pernah terjadi jika kita tidak melakukan usaha untuk mencapai kondisi tersebut.

Cukup dengan mengatakan aku bisa, seorang manusia artinya sudah membuka pikirannya tentang kebrhasilan-keberhasilan yang akan ia dapatkan jika melakukan suatu eksekusi terhadap perancaaan prestasi yang telah disusun sebelumnya.

Tapi ada suatu hal yang menarik bahwa manusia itu butuh kedua sisi tersebut. Selain dia harus memahami konsep teori, ia juga harus mengetahui teknis implementasinya seperti apa sehingga ia bisa menyususn langkah untuk mencapai tujuan organisasi atau individu tersebut.

Suatu nilai yang harus dikedepankan oleh seorang yang ingin sukses adalah siakp mau mencoba atau sikap mau menrapkan suatu teoti dalam setiap kegiatannya. Seperti, kita belajar tentang manajemen pemasaran, artinya secaara teori, kita telah paham mekanismenya, tapi sayang, terkadang teori tersebut tidak cocok 100% dengan kondisi lingkungan yang ada. Kita mengharapkan suatu kegiatan berjalan dengan lancar dan ini telah kita susun dengan rapi perencanaannya, namun berbuah gagal karena tidak terjadi keseimbangan antara eksekusi dengan pembahasan tentang teori. Makanya dalam dunia kerjan pun, banyak mahasiswa merasa bahwa ilmu mereka hanya sebagian kecil yang terpakai selebihnya, itu menjadi tidak berguna. Makanya proporsi antara eksekusi dengan teori harus segera ditentukan agar kedepannya setiap langkah yang dilakukan dan barisanyang dibuat menjadi tertur sehingg kebrhasilan yang ingin diraih diawal dapat terwujud.

Jika ingin melakukan perubahan pada peradaban, marilah pertama Upgrade diri dulu dengan menambahkan variabel eksekusi. Karena teori tanpa ekseskusi hanya akan menjadi bualan dan mimpi saja, namun eksekusi tanpa teori telihat seperti gambling. Oleh karena itu, dari awal harus ada pengawalan terhadap eksekusi yang dilakukan agar teori yang ada bisa memberikan kontribusi lebih sebagai acuan pengambilan keputusan. Sehingga pada akhirnya, tujuan kegiatan dapat tercapai.

Pada akhirnya kita akan bertanya,“ Bagaimana menyeimbangkan antara teori dengan eksekusi agar efektif dan efisisen?”  kembali lagi jawaban kepada diri anda masing-masing. Semuanya berawal dari diri, jika sudah dilakukan dengan baik, harapan untuk membangun perdaban yang lebih kokoh dan tahan lama akan bisa diwujudkan segera.

Picture Source : Disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s