Sukses itu….

Banyak definisi sukses, dan yakin teman-teman yang dulu pernah mengisi hari2 saya, telah menghukum saya dengan definisi sukses yang mereka miliki. Suksesnya mereka memiliki definisi yang lebih tinggi dari yang saya miliki, sehingga, mungkin definisi saya itu akan terlihat biasa. Sesungguhnya apa yang ingin saya sampaikan bukanlah bersifat ria, semoga saya terjauh dari sifat itu. Ini hanya sekedar menjadi buah pengingat bagi saya dan kita semua, bahwa sukses adalah soal personal, soal capaian diri, soal standar diri dan tidak adil ketika membandingkan dengan orang lain. Yang kita taklukkan adalah diri kita sendiri. Itu saja. Jadi, beranilah untuk mendefinisikan sukses dan memperbaharuinya terus menerus, sehingga pada suatu saat nanti, definisi anda akan menjadi inspirasi bagi siapapun.

Dan bagi saya definisi sukses itu adalah:

Bisa lulus kuliah 3 tahun 8 bulan, bekerja di perusahaan multinational selama 4 tahun, menjadi assistant manager termuda dalam grup company serta memimpin tax dan axcounting department untuk 2 perusahaan branded car, langsung bertanggungjawab pada CEO, memimpin team dengan jumlah 11 orang, disukai oleh atasan dan bawahan, bisa menjadi tulang punggung keluarga, membiayai ibu dan 3 orang adik sehingga 1 orang adik perempuan sudah bekerja, satu orang kuliah dan smp, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, bisa mempengaruhi orang lain, bisa rutin baca alquran, bisa rutin sedekah dan donatur bagi beasiswa adik sma dan adik beasiswa, bisa rutin menulis di blog, dan kesuksesan terbesar adalah masih diberi Allah waktu untuk kembali pada-Nya setelah terjerembab dalam lemahnya iman, masih ditegur dan diingatkan, dan masih diberi rizky yang cukup dan pas.

Dan sukses pun sebenarnya tidak meminta definisi, tapi dengan mendefinisikan sukses itulah kita tahu arti tentang sukses…#bingungyak…

Dan malam pun makin hening ditemani putaran kipas angin yang semakin dingin.

Grass market, night of autumn.

Leave a Reply

