Sombong

Dimulai pada tanggal 16 September, bagi karyawan baru seperti saya, akan diselenggarakan apa yang kita sebut dengan training singkat pengenalan divisi2 di perusahaan.

Saya sudah mengikuti sesi pengenalan untuk divisi finance, sparepart, workshop dan costumer development.

Tapi ada yang berkesan ketika saya mengikuti sesi pengenalan dengan manager costumer development. Dimata saya, bapak ini orang yang dekat dengan apapun untuk level apapun diperusahaan.

Pada saat itu beliau menjelaskan bahwa perusahaan sudah lama menerapkan konsep senyum dan sapa kepada siapapun, terutama pada costumer. Kata beliau, kadang orang akan service ke perusahaan kita bukan karena kita paling murah atau paling bagus, tapi karena mereka menganggap datang ke perusahaan kita seperti datang kerumah sendiri, ada sambutan hangat dan senyum manis terurai dari setiap individu diperusahan sehingga itu menjadi moment of truth, sehingga membuat costumer kembali lagi dan lagi.

Disitu tergambar bahwa pandangan pertama itu begitu menggoda, setelah itu terserah anda.

Itulah yang beliau singgung kepada saya, pertama beliau melihat saya, beliau men-judge, bahwa saya adalah orang yang sombong. Saat itu saya tertegun, diam sejenak dan melepaskan senyum, saya tidak memgkonfirmasi apa yang beliau maksud. Saya hanya merefleksi dan melanjutkan pembicaraan.

Selepas itu, saya sering memikirkan hal tersebut, apa benar saya sombong, apa yang saya sombongkan, apa raut muka ini ada bawaan sombong.

Ah, apalah awak ini, apa yang disombongkan, ilmu masih sedikit, amal juga, tak patutlah berlaku sombong.

Semuanya saya kembalikan kepada Allah, jika sifat itu telah menghinggapi diri, maka jauhkan lah ya Rabb, jika ia tergambar diraut muka maka hilangkanlah, jadikanlah jika senyum, senyum yang sempurna, yang menggambarkan keikhlasan untuk membaur, dan berbagi kebersamaan.

Semoga dijauhkan diri ini dari sifat sombong baik sengaja atau tidak sengaja, dan semoga bisa berbuat baik selalu agar jauh dari prasangka yang tidak baik.

Maaf jika ada salah.

Noon

Leave a Reply

