Usia menuju senja

Perjalanan usia tidak bisa dikira, diukur dan diestimasikan. Karena itu adalah rahasia tertinggi, rahasia dari yang empunya jagat raya beserta isinya. Rahasia yang mungkin malaikat maut saja yang memegang alarm hidup kita, yang ketika bunyi sudah tiba, tidak ada jiwa yang bisa mengelakkannya, ia datang bisa dari mana saja, kapan saja, dimana saja, sedangkan jiwa dan raga, belum tentu siap sempurna.

Bersadar sedari awal bahwa usia akan dipertanggungjawabakan, bahwa jiwa dan raga hanya dipinjamkan sesaat, yang saat dipinjamkan dia tiada dosa, putih bersih, tapi tidak mungkin yang meminjamkan akan mau menerima kalau tidak kembali bersih.

Pernah suatu ketika mendengarkan perumpaan dari salah satu ustad di streaming mq fm, mengatakan bahwa jiwa ibarat piring, pertama kali dikeluarkan, dia akan bersih tanpa noda, setelah itu digunakan lah, sehingga piring itu menjadi kotor. Tentu saja sang pemilik piring, maunya itu bersih, sehingga dia bisa menyimpan langsung di rak piring. Tapi kalau kenyataannya piring itu kotor, mau gak mau harus dicuci dulu, dibersihkan dulu biar gak bau, biar putih bersih dan baunya semerbak. Lebih parah lagi kalau piringnya pecah, piring itu bisa saja langsung dibuang.

Begitu juga jiwa, yang dulunya putih bersih tanpa dosa, ketika menjalani kehidupan dunia banyak dosa yang dilakukan, ketika kembali kepada Nya, tentu saja harus dibersihkan, makanya dibersihkan dulu, itulah manusia muslim tapi timbangan amal baiknya masih sedikit dibandingkan dengan amalan buruknya, dicuci dulu ia dineraka. Sementara, kalau jiwa yang udah pecah, yakni kafir, maka ibarat piring pecah, ia sudah rusak dan tidak mungkin bisa digunakan lagi, maka ia akan dibuang keneraka, tanpa dibangkitkan lagi.

So, pilih mana?

Tentu saja jiwa yang bersih dong. Kita wajib membersihkan piring kehidupan kita, agar kelak dia lansung disimpan dalam rak piring yaitu surga. Yuk berhijrah.

Kalau soal piring, kapan ya bisa makan sepiring berdua #kodekeras.

*happy sunny sunday

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s