Bertemu dengan sebab

Yakin bahwa disepanjang jalan dalam hidup kita, banyak hal bak istilah inggrisnya serendipity, sesuatu hal yang kelihatan kebetulan, tiba tiba, tanpa ada rencana. Contohnya saat diberbagai kesempatan bertemu dengan orang orang sepintas, dengan ibu2 yang lagi turun kopaja, satpam kantor orang lain yang berpapasan saat kita lewat didepan gedungnya, wanita atau pria yang tidak sengaja saling melihat dijalanan yang begitu banyak kemungkinan untuk kita tidak berpapasan, dengan banyak orang dengan banyak profesi dan aktifitas, rupa rupa. Waktunya berpapasanpun begitu singkat tanpa ada momen untuk saling bertegur sapa, yang sebenarnya tidak perlu juga sih, hehe.

Pun ketika kita bertemu dalam momen yang lebih panjang dengan teman2 baru, seperti saat kita mulai menikmati jenjang pendidikan, sd hingga sarjana. Ataupun dalam rentang waktu itu kita bertemu dalam kegiatan pramuka, gathering beasiswa, komunitas2, rekan kerja baru, bahkan teman dimedia sosial yang tidak kita kenal, tapi mereka ada, diketahui dari irisan media sosial teman ke teman.

Semuanya tampak kebetulan bukan, dan bahkan jika dibuatkan diorama tentang perjalanan hidup kita, tidak akan pernah cukup bahan dan alat untuk meng capture nya.

Dimata kita, iya itu kebetulan tapi tahukah semuanya sudah diskenariokan oleh Allah pemilik semesta alam. Semuanya ada. Tidak ada yang kebetulan dalam dunia ini, semua pasti ada makna.

Ketika kita berpapasan dengan nenek2 sewaktu ingin menyeberang jalan, mungkin kita dikasih peluang pahala oleh Allah untuk bantu menyeberangkan. Begitu pun kita bertemu dengan anak jalanan, pengemis, pengamen, tukang palak, dan sebagainya, ada saja pasti makna yang bisa kita petik.

Kemudian, bagi yang pernah mendapatkan beasiswa, pasti ada acara gathering berkala yang diadakan, dan tahukah disanalah kita bertemu dengan orang yang mungkin sudah banyak menginspirasi orang lain dalam hidupnya. Dan beruntung bagi orang yang ketika bertemu dalam kesempatan dimanapun, dari orang yang ia temukan, dia bisa mengambil contoh, teladan kebaikan yang dilakukan.

Inilah yang kemudian saya rasakan dan bersyukur terdalam pernah dipertemukan dengan orang2 luar biasa di PPSDMS Nurul Fikri, regional 2 bandung. Disana bertemu dengan orang2 luar biasa, yang melihat mereka hati menjadi sendu dalam syukur karena Allah pertemukan dengan teman dalam garis perjuangan yang sama. Garis perjuangan untuk menebar nilai manfaat.

Selalu berdoa agar diberikan keistiqomahan dalam jalan yang sungguh nikmat untuk diperjuangkan. Terimakasih pada abang2, akang2, dan teman seangkatan yang selalu membuat prestasi dimanapun kalian berada, dan tahukah, bahwa kalian selalu menginspirasi walaupun tidak disisi dan berada dibelahan bumi yang berbeda. Semoga bertemu lagi dalam reuni akbar kita ya.

*dalam sendu ketika membaca WA grup PPSDMS, setelah ditulis sebuah doa dari bang nana mulyana, semoga jalan kita dikuatkan untuk kemudian bertemu di surgaNya kelak, amin ya mujibbassailin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s