Just do it !!

Baca buku dari om Bob Sadino, judulnya cara goblok jadi pengusaha, banyak sentilan dengan kalimat yang singkat padat, to the point, berikut:

~ bisnis yang bagus adalah bisnis yang dimulai

~ bedanya orang pinter dengan orang bodoh adalah, orang pinter banyak berencana, sedang orang bodoh gak mikiran klo gagal, yang penting coba terus…

~ orang pinter banyak bekerja dengan orang bodoh…

~ orang pinter banyak berpikir, orang bodoh banyak bekerja

Dan banyak sentilan lain yang bikin darah mendidih, karena kesel pada diri sendiri, yang hanya bisa mengiyakan semua kenyataan itu, ditambah lagi, klo kita juga gak pinter, tapi juga gak bodoh, mau jadi apa kita?

Ternyata om bob itu menjadi seperti itu karena dia juga pada masa mudanya juga bekerja dengan orang, tapi memang sudah ditakdirkan Allah bahwa dia mendapatkan bos yang galak, jadi bawaan kerja ke kantor itu bikin males minta ampun, buka pintu toilet, inget wajah bos, dengeran musik, inget suara makian bos, menghayal, yang terbayang kumis galaknya bos, mau nyium bau makanan, kecium bau kentut bos, atau bau ketek bos, hehe, kombinasi tersebutlah yang membuat iya tidak betah bekerja dan keluar.

Setelah itu, mulailah dia belajar bisnis, menjual sayuran, bertani, modalin petani yang hasilnya ia yang jual, jualan dor to dor tanpa rasa malu, mempackage menjadi lebih menarik, sampai suatu ketika peluang nya semakin terbuka setelah dapat tawaran untuk ekspor produk sayurannya. Setelah itu barulah bisnisnya menggurita dan yang paling dikenal adalah Kem Chicks, Kem Farm.

Bob muda adalah bob yang cinta petualangan dan kegigihan, kerja keras, tapi menghindari kosakata pinter, lebih suka menggunakan kata goblok yang pada dasarnya adalah kadar kepintaran bisnis yang udah overdosis di otaknya. Makanya sering dalam setiap sesi trainingnya, atau seminar, menganjurkan orang tidak usah kuliah, karena kuliah hanya membuat individu yang awalnya bebas, tapi dibuat agar mereka menjadi sama, satu tipe, dengan materi pelajaran yang pakem, sehingga menghilangkan karakter diri yang partikel bebasnya diredupkan. Pada akhirnya banyaklah orang sekarang bekerja bukan dibidang yang mereka pelajari.

Doktrin untuk menjadi bodoh dan tidak usah kuliah inilah yang mungkin disalah artikan oleh banyak orang secara tekstual saja. Padahal sebenarnya om bob inginnya pemuda itu terjun, gak usah banyak mikir, klo gagal coba terus, yang penting kita suka dan menikmati, daripada bekerja, tapi selalu complain, bos galak dan ini itu.

Ya menjadi pebisnis lebih bebas, lebih menantang, lebih memompa adrenalin. Dan kesuksesan juga akan datang pada akhirnya, karena 9 dari 10 pintu rizki adalah bagi seorang wirausaha, pun itulah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammada, ketika beliau jadi saudagar. So, never late to join with the entrepeneur, lets making your startup.

Makasih om bob, gak ada lagi orang kayak gini emang. Fyuhhh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s