Setelah lulus, mau jadi apa?

Bagi lulusan akuntansi, setelah lulus ada banyak pilihan karir, diurut dari yang general ya,

  1. Bisnis, penghasilan tak terbatas, dan tidak bisa ditentukan, kita bisa memastikan prosesnya saja, menurut saya urgensitas anak muda sekarang akan lebih baik jadi entrepreneur
  2. Banking, syariah atau konvensional, range salary 4 – 5 jt, kalau yang top seperti citibank bisa sampai 9 jt.
  3. Fast moving cunsomer goods, ada nestle, unilever, kraft, danone, kellog, indofood, dan banyak lainnya, tapi yang paling top adalah unilever, selain dapet produk bulanan dari sekian banyak portofolio produknya, fresgrad disini bisa reachout 7-9 jt perbulan. Yang lain rentang 5-8 jt.
  4. Consultant management atau research, seperti mc kinsey, BCG, nielsen, Pwc consultant, EY, dan banyak lainnya, dan yang paling top adalah Mc kinsey, salary disana bisa reachout diatas 10jt belum tunjangan lain lain.
  5. Oil and gas, inilah the top salary bagi fresgrad accounting, pernah ikut test chevron dan sampai pada final interview, namun belum rezeki, jadi orang lain yang lulus, dan dari informasi, salarynya adalah 19jt, belum free tempat tinggal dan lain lain. Cophi, CNOOC, EXxon, Petronas, Pertamina, Santos, Inpex, Total, dan lainnya bisa mencapai 6-14 jt.
  6. Subcontract oil and gas atau mining, seperti halliburton atau sclumburger, bisa mencapi 9-12 jt.
  7. Mining, seperti thiess, adaro, KPC, dll, bisa mencapai 5-7 jt.
  8. Plantation company, sawit, dll, fresgrad sekitar 4-5 jt.
  9. Auditor, diantaranya Pwc, EY, KPMG, dan Delloitte, yang tertinggi adalah Pwc, fresgrad bisa sampai 5jt, tapi klo untuk lemburan, EY paling top
  10. Dealer mobil, mercedes benz, honda, mitsubishi, toyota, dll, rangenya dari 3-5 jt.
  11. Media, seperti indonesia, antv, rcti, sctv dll, bisa antara 3-4 jt.
  12. Lembaga negara, BI, OJK, Pajak, Kemenkeu, kementrian lainnya, tapi yang top tetap BI bisa mencapai 9 jt dan bisa disaingi ojk.
  13. Dan banyak tempat bekerja lainnya

Tapi diatas segalanya, kita bisa mempunyai mimpi, dan bisa berkeinginan untuk masuk ke tempat yan terbaik, dan jika bisa masuk, alhamdulillah, dan jika tidak, jangan berkecil hati, pada dasarnya Allah memilih jalan yang terbaik, tugas kita adalah bersyukur. Maka bersyukur saja, karena kadang Allah memberikan jalan untuk kita ditraining, dilatih, ditempa ditempat sekarang, untuk siap dengan posisi yang baik di perusahaan yang tidak kita spesifik kits impikan tapi setara bahkan lebih baik dimasa depan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s