Menjadi Auditor

Bagi para mahasiswa akuntansi yang masih galau mau jadi apa? Karena biasanya gini, kebanyakan anak akuntansi itu ngandalin lowongan yang diadain kampus aja, jarang yang mencoba peruntungan untuk apply sendiri, ke tempat kerja yang diinginkan. Hal ini bisa terjadi karena emang gak tau sukanya apa, dan ada juga yang sudah tau mau kemana, tapi kesempatan belum ada, atau sudah ada kesempatan dan sudah mencoba, tapi gagal. Fenomena ini tidak hanya sedikit, banyak malah. Dan bagi yang berhasil, saya yakin dan percaya, bahwa tidak ada kata beruntung dalam hidup ini, yang ada hanyalah kesempatan yang bertemu dengan kesiapan, jadilah berhasil. Dan kalian pasti menyadari, teman2 yang berhasil itu, diterima ditempat kerja yang wah, yang diidamkan oleh semua anak akuntansi sejagat permai, bukanlah anak2 yang biasa saja, kalaupun menurut kita biasa, ada yang kita sebut sebagai tahu dan menyadari lebih awal, dia akan jadi apa dan kemana.

Saya lupa apakah hadis, ada kalimat yang menyatakan bahwa, jika telah jelas keinginan dan tujuan, maka terbukalah jalan. Orang2 yang menyadari lebih awal kecintaannya terhadap sesuatu, obsesinya, ambisinya, pasti bisa menemukan jalan baginya lebih awal dari orang lain, hal ini memberikannya keuntungan waktu, dan kefokusan atas waktu yang ada baginya membuat ia bisa memusatkan tenaga untuk menggapai ambisinya lebih awal dari orang lain.

Tapi, jangan berkecil hati bagi sebagian kita yang tidak seideal teman2 yang berhasil, tidak tahu lebih awal, dan sebagainya, gapapa, yang kita perlu lakukan adalah berusaha dan berusaha.

Nah apa peluang yang terbuka bagi lulusan akuntansi, semua lulusan akuntansi memiliki peluang yang sama untuk merealisasikannya, entah dia dari universitas apa dengan latar belakang apapun, yang perlu adalah nilai yang cukup, sudah bisa menjadi profesi yang hanya lulusan kita yang punya yaitu, menjadi auditor.

Pengalaman saya menjadi seorang auditor selama lebih kurang 4 tahun disalah satu Multinational Public Accounting Firm, telah cukup memberikan saya mengerti dengan baik sebenarnya saya mau jadi apa.

Dulu, ketika lulus, banyak keinginan untuk bekerja di Multinational Company, tapi bukan accounting firm, sebut saja semua, mulai dari nestle, unilever, p&g, conoco philips, exxon, chevron, GE, glaxosmithkline, hampir dipastikan semuanya gatot alias gagal total. Pun ingin bekerja di lembaga negara sekelas BI, BKPM, atau lainnya, hal yang didapat juga sama. Dan terus berlanjut untuk lowongan kerja lainnya. Sama saja, nihil.

Kita punya keinginan, tapi Allah jualah yang tentukan hasilnya. Dan Allah itu tau yang baik buat kita, dengan rentang waktu yang cukup, iya cukup lama, 4 tahun itu, hehe. Karena dulu memang mengarah kemana angin berhembus aja, jadilah jalan itu gak terbuka. Makanya Allah takdirkan juga untuk saya menemukan diri saya mau jadi apa di KAP tersebut. Dan saya menemukannya, trus apa? Ya liat saja akan kemana hidup ini saya arahkan, hasilnya ya nanti, dimasa depan.

Jadi bagi para lulusan akuntansi yang begitu membludak luar biasa dijaman sekarang, menjadi auditor adalah pilihan yang sangat baik, ia adalah Applied University kita, comparative advantage kita ada disitu, banyak hal yang bisa kita pelajari, dari yang kita bengong aja itu akuntansi apaan, menjadi kita expert, semua, sampai pajak2. Dan desas desus bahwa lulusan auditor mempunyai lompatan karir yang baik jika pindah kedunia perusahaan, dunia nyata, itu benar adanya. Saya mengalami sendiri.

Lets be an auditor for the first your entrance career dan find, the accounting world was so fun and challanging. Then, you have good value added to join with the Company in a few later, TRUST.

Dan satu lagi, deket deket aja ama yang mengabulkan segala doa, iya pada Dia, gapapa kok, hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s