Passion

Langkah yang kita tempuh dalam hidup laksana serpihan puzzle yang jika kita gabungkan menjadi satu gambar utuh, itulah yang kita sebut sebagai kehidupan.

Dan puzzle itu kadang belum lengkap, sehingga orang menyusunnya agak kebingungan serpihan ini harus diletakkan seperti apa, sehingga bisa kelihatan sedikit penampakan utuh dari gambar tersebut.

Dan bagi kita yang masih belum kelihatan sebenarnya serpihan puzzle ini rupanya akan seperti apa, itulah yang sering kita sebut sebagai orang yang dalam proses menemukan dia akan menjadi apa.

Kita akan menjadi apa tentu bukanlah suatu pertanyaan yang sederhana, ini menuntut tanggung jawab, menuntut pemikiran keras, daya juang, perenungan, sehingga hal itu bisa menjadi peta yang menuntun arah kita untuk menemukan serpihan puzzle yang akan melengkapi gambar kehidupan kita tersebut.

Dan perjuangan kearah tersebut akan lebih nyaman dijalankan jika itu adalah passion kita.

Bercerita tentang passion, hal ini bukanlah sedari awal jadi dalam diri kita, hal ini berasal dari pengalaman, pengamatan, merasakan pesan2 yang kita temui dalam kehidupan yang kita alami, yang membuat kita menyukainya, menjalankan dengan sungguh.

Kadang banyak orang menyamakan ia dengan hobi, dan makna kata tersebut tidak 100% benar. Karena passion itu sebenarnya bisa ditumbuhkan dan memang seperti itu harusnya.

Tidak semua hal dalam hidup ini kita jalani atas dasar suka. Kalau orang harus dipaksa suka, pastinya akan banyak orang menyukai makan/minum obat. Selama mereka tau pada akhirnya dengan jalan obat itu mereka akan sembuh.

Artinya, pada dasarnya orang tidak suka dengan obat, tapi karena dijanjikan kesembuhan, maka ditumbuhkan lah rasa suka pada obat tersebut.

Passion begitu juga, tidak semua yang kita kerjakan itu kita sukai, tapi karena kita tahu, dari jalan yang kita tempuhi sekarang, kita akan meraih kesuksesan, maka kita tumbuhkan lah rasa suka itu, sehingga kita berhasil.

Jadi passion, bukanlah suatu hal yang berada di awal, tapi sebenarnya ia adalah hasil dari mencintai apa yang dikerjakan.

Jika ada orang yang sudah tau dari awal sukanya apa dan ia mendapatkan kesempatan untuk mendalami dan mengembangkan apa yang ia sukai tersebut, berarti itulah orang yang sudah mengetahui wujud gambar utuh kehidupannya.

Tapi yang belum, maka passion itu harus ditumbuhkan, sehingga kita sedikit demi sedikit dapat menerka secara utuh bentuk rangkaian puzzle kehidupan kita.

Dan terkait rasa yang ditumbuhkan, kata orang cinta juga seperti itu, ditumbuhkan bukan sedari ada. Terutama rasa cinta pada Allah dan Rasul, apalagi cinta pada dia yang menjadi pasangan hidup kelak, segera, tsaaaahhh.

#dalam inspirasi mendengarkan ceramah maulud nabi di mesjid baitul mukhlisin, grass market.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s