Gerhana Matahari

Insya Allah besok, hari rabu tanggal 9 Maret 2016 adalah gerhana total matahari yang meskipun hanya akan terlihat oleh kawasan Indonsia di equatorial, namun shalat Gerhana tersebut tetap berhukum sunnah muakkad bagi daerah lain yang tak menjumpainya.

Pada masa Rasullullah SAW, gerhana matahari ini disangkakan adalah karena peristiwa meninggalnya Ibrahim, putra beliau dari Maria Qibtiyah, namun sebenarnya peristiwa ini murni karena gejala alam, prilaku dari makhluk Allah yang bernama bulan dan matahari.

Kata ustad tadi siang sewaktu saya mengurus SKCK di polres depok,
ba’da zuhur, beliau mengajak agar dapat melakukan shalat gerhana ini yang belum tentu disisa usia kita nanti, kita masih bisa berkesempatan untuk menyelenggarakannya, karena memang kejadian ini langka.

Pesan yang dapat kita ambil adalah bahwa Allah menciptakan makhluk lain, dengan kekuatanNya yang menunjukkan keperkasaan dan kemahaagunganNya. Oleh karena itulah kita wajib bersujud memohon ampunan atas khilaf, dosa, dan juga kelengahan terhadap bisikan para musuh.

Semoga esok hari bisa menjalaninya.

Nah kalau untuk tata cara shalat, shalat ini terdiri dari 2 rakaat denga 4 rukuk. Dilanjuti dengan Khutbah. Layaknya shalat Ied.

Ok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s