Menghitung diri

Teringat lantunan nasyid favorit, tazakka tentang mewangi bunga dunia, dunia diciptakan menawan hati dan menggoda, terasa indah dipandang mata, tapi skema itu ada batasnya, yaitu ajal. Kadang terasa hari2 disibukkan dengan pekerjaan yang tidak pernah tuntas, dan bahkan waktu yang digunakan untuk menghambakan diri pun luput, padahal 24 jam yang kita punya, banyak diisi dengan kegiatan dunia. Sementara tiket kita untuk menghadap Tuhan semesta alam, agar sampai ke negeri yang indah permai belumlah cukup.

Waktu 24 jam untuk apa digunakan? Kerja kerja dan kerja, mengejar dunia, padahal dunia segitu gitu aja. Ini sebenarnya sentilan pada diri sendiri, yang waktu untuk mendekat pada yang memiliki jiwa sangat sedikit, dan malu pun mencurah, malu karena dengan apa yang dimiliki sekarang telah menggerus begitu banyak perhatian untuk persiapan hari perhitungan, dan porsi dunia menjadi lebih besar.

Tanda2 bahwa hari akhir akan menjelang dengan beberapa kejadian yang dinisbathkan dalam hadis telah terjadi, namun mewangi dunia ini memang melenakan.

Jangan terlalu lama dalam fase ini, yakin bahwa ada kegelisahan yang mendera hati ketika apa yang dilakukan untuk menghambakan diri sangat kecil sekali daripada mengejar dunia.

Kalau Tuhan menawarkan dua2nya untuk kita, maka berbanggalah, didunia kita kuat, diakhirat juga. Namun jika salah satu saja, maka pilihan haruslah cenderung pada masa yang lebih panjang. Memang tidak sesederhana itu, bahwa hidup juga perlu diperjuangkan namun hati2 dalam perjuangan jangan terlalu lena, nanti kesannya kita hanya mengejar dunia saja.

Mari menghitung2 diri sebelum amalan kita dihitung nanti.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s