Abu Zar Al Ghiffary

Kisah Abu Zar Al Ghiffary sebagai sahabat nabi dan hidup sezaman dengan beliau, perlu menjadi teladan bagi kita. Abu Zar disebutkan sebagai sahabat nabi yang sangat sederhana dan zuhud, menjauh dari riuh pikuk dunia. Bahkan kesederhanaan dan cenderung mengasingkan diri, dinyatakan dalam hadis Muslim, bahwa abu zar dimasa hidupnya akan datang sendiri, ketika meninggal sendiri dan juga dibangkitkan sendiri.

Hadis ini disebutkan oleh Rasullullah ketika terjadi perang tabuk dimana saat itu abu zar terlambat datang dan menyusul rombongan besar. Pada perang tersebut memang ada beberapa sahabat yang tidak datang. Termasuk disangkakan abu zar. Namun Nabi tahu bahwa abu zar akan datang, dan memang datang, Nabi melihat dari kejauhan seseorang mendekat dengan keledainya, dan Nabi langsung menunjuk bahwa itu adalah abu zar dan ternyata benar. Disaat itulah hadis tersebut keluar.

Kita bisa meneladani abu zar yang istiqomah jauh dari kesan berkecukupan namun akan dibalas dengan keindahan surga. 

Kesederhanaaa itu bisa saja bukan masalah materi, boleh bersikap sederhana,berpenampilan sederhana dan boleh juga kesederhanaan walaupun banyak harta.

Namun klo diminta memilih, jalan abu zar tentu yang diambil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s